Fitur yang dihilangkan dalam Windows 8.1..

Posted: Juli 22, 2013 in sofware, tips and trick
Tag:, ,

windows-81-preview-how-to-14_675403

Update Windows 8.1 Preview sudah tersedia dalam situs resmi Microsoft atau bisa Anda unduh langsung dari Windows Store, yang dapat diakses dari Windows 8 secara gratis. Sebuah update besar ini menghadirkan banyak fitur baru dan beberapa perbaikan untuk menambah kenyamanan dan personalisasi Anda dalam menggunakan Windows, seperti adanya tombol Start. Namun juga, Microsoft telah mengurangi bahkan menghilangkan sejumlah fitur yang sebelumnya sudah familiar di Windows 8. Selama versi update ini masih Preview, mungkin saja beberapa perubahan kembali terjadi di Final Version nantinya. Lalu apa sajakah fitur yang telah ditiadakan di Windows 8.1 tersebut?

1. Windows Experience Index

Salah satu program benchmark bawaan Windows ini terbilang tidak terlalu berarti, pada program ini Windows dapat menjalankan berbagai test pada background dan akan memberikan penilaian rating terhadap CPU, RAM, Graphic Card, dan transfer rate Hard Disk anda. Karena telah dihapus pada Windows 8.1, maka anda tidak akan melihat rating ini lagi di window System Information. Ada bagusnya juga sih program ini dihapus, karena Windows Experience Index ini sering berjalan sendiri untuk meng-update rating score setiap kali driver VGA diperbarui, dimana hal itu sangat menguras konsumsi resource system hanya untuk mencari score rating yang tidak terlalu penting.

2. Windows 7 Backup & System Recovery

Backup tool yang berfungsi untuk membuat backup system image dan telah ada sejak Windows 7 kini juga telah dihilangkan, karena telah dianggap usang oleh Microsoft. Sebagai penggantinya Windows 8.1 menghadirkan solusi backup bernama File History yang terbilang lebih mudah dan simple. Namun jangan khawatir, karena anda masih bisa meng-import backup image yang dibuat pada Windows 7, namun hanya bisa untuk mengakses file-file lama anda tanpa menyediakan fasilitas restore/recovery image. Mau tidak mau, anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga jika masih ingin membuat atau me-restore file backup system image.

3. Tombol Start yang sebelumnya “disembunyikan”

Dahulu team Microsoft Windows yang dipimpin oleh Steven Sinofsky dengan tegas mengatakan bahwa Windows 8 lebih baik hadir tanpa adanya tombol Start pada taskbar. Namun sekarang mereka justru membantah pandangan tersebut dan kembali menghadirkan tombol Start untuk Windows.

Bagi anda yang secara sengaja membeli Windows 8 karena alasan menyukai hilangnya tombol Start, mungkin akan kecewa akan keputusan hadirnya kembali si tombol populer ini. Langkah Microsoft yang terlihat plin-plan ini mungkin karena tingginya permintaan akan kehadiran tombol Start yang sudah biasa hadir di Windows versi sebelumnya.

4. Aplikasi Messaging dan Facebook Chat

Windows 8.1 telah menghilangkan aplikasi Messaging yang pernah ada di paket aplikasi Windows 8 Modern App, aplikasi-aplikasi pada Modern App kini hanya terdapat Mail, Calendar, dan People. Dari sini sebenarnya bisa terlihat bahwa Microsoft ingin menyatukan aplikasi messaging hanya untuk Skype, walaupun Skype tidak disertakan dalam Windows 8.1 preview, namun dapat dipastikan Skype Modern akan otomatis ter-install dalam Windows 8.1 final nanti.

5. Libraries

Walaupun tidak benar-benar dihapus, namun kategori Libraries ini secara default dihilangkan dari File Explorer. Sebagai pengganti penempatan Libraries sebelumnya, sekarang terdapat folder SkyDrive. Folder SkyDrive sengaja diutamakan karena Microsoft bertujuan agar pengguna menyimpan gambar dan dokumen-nya disana dan tidak lagi bergantung pada Libraries local. Namun, anda masih bisa menampilkan folder Libraries seperti semula, dengan cara meng-klik tab View pada ribbon File Explorer, dan klik Navigation pane, dan pilih enable pada perintah Show libraries. Selain itu Microsoft juga mengubah nama category “Computer” menjadi “This PC”.

6. Pengaturan Sync pada SkyDrive

Kabar baiknya adalah SkyDrive kali ini sudah terinstall secara otomatis ke dalam system, baik pada Modern Apps atau File Explorer pada desktop keduanya sudah terintegrasi. Namun sayangnya, tidak terdapat pilihan untuk mengubah lokasi penyimpanan file SkyDrive pada system Windows 8.1, dan dengan sangat terpaksa anda harus menyimpannya di drive system. Tidak hanya itu saja, SkyDrive kali ini juga hanya men-download files ke local drive pada saat anda membuka file tersebut atau mengubah setting tiap file menjadi “available offline” satu-persatu yang sangat tidak efisien dan ditambah lagi dengan tidak adanya tanda yang menunjukkan apakah file tersebut sudah ter-download atau belum. Jangan bersedih dahulu bagi anda penyuka aplikasi cloud ini, karena ternyata anda masih bisa memilih opsi setting anda seperti dahulu dengan hanya meng-install kembali SkyDrive client pada Windows 8.1.

7. Integrasi aplikasi Photos

Aplikasi Photo sebelumnya pada Windows 8 bekerja dengan mengumpulkan semua foto-foto pengguna dari berbagai tempat penyimpanan termasuk Facebook, Flickr, dan SkyDrive, sehingga semua foto koleksi kita dapat dicari dengan mudah dan cepat. Lagi-lagi fitur tersebut dihilangkan dan aplikasi Photos kali ini hanya menampilkan foto atau gambar yang tersimpan di local drive computer saja, bahkan SkyDrive yang notabene nya miliki Microsoft juga tidak lagi diperhitungkan di Photos.

8. Hub Apps

Selain aplikasi Photos dan Messaging Modern yang mengalami perubahan, aplikasi Calendar juga tidak lagi terhubung dengan Google Calendar, dan hanya bisa terhubung dengan layanan milik Microsoft seperti Outlook.com dan Exchange. Semua perubahan ini juga menjadikan ketiga aplikasi ini menjadi satu dalam aplikasi sejenis Hubs. Pada Hubs ini semua foto, pesan, dan kalender anda akan menyatu dalam 1 window dan darimanapun data tersebut berasal akan terlihat di Hubs ini. Bagi anda yang ingin sejenis Hubs untuk layanan social media lainnya yang telah Microsoft Windows 8.1 hilangkan, kabarnya Facebook dan Flickr juga sedang dalam pengembangan aplikasi nya khusus untuk Windows. Namun hal itu mungkin tidak dirilis dalam waktu dekat, karena Windows kali ini sangat ingin anda hargai.. ;)

8 point perubahan tersebut diatas adalah yang sudah terjadi pada update Windows 8.1 Preview, banyak kabar mengatakan bahwa Windows 8.1 edisi Final nanti mungkin saja berbeda dengan Preview, sehingga bagi Anda yang tidak menyukai perubahan atau penghapusan fitur diatas tidak usah kecewa dahulu, dan sebaiknya tidak perlu meng-upgrade Windows anda ke 8.1 Preview. Bagi anda yang masih penasaran dengan Windows 8.1 atau yang memiliki codename Windows Blue ini bisa anda unduh melalui Windows Store di Windows 8, atau download file ISO nya disini cek di windows microsof

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s